Manfaat dan Keuntungan Penggunaan Pupuk Kompos Cair.

Pupuk Kompos Cair adalah Kompos dalam berbentuk Cair.
Tidak seperti pupuk kompos yang pada umumnya dikenal sejauh ini, Pupuk Kompos Cair tidak padat tetapi dalam bentuk cair. Pupuk kompos yang selama ini dikenal, adalah pupuk dalam bentuk padat yang berasal dari kotoran hewan ternak ataupun dari sisa pelapukan tanaman yang sudah hancur dan terdegradasi (terurai).

Kompos Cair memiliki manfaat yang sama seperti kompos padat yang telah dikenal selama ini.
Kelebihannya adalah Pupuk Kompos Cair bisa diberikan  kepada tanaman melaui daun. Karena dalam bentuk cair, Pupuk Kompos Cair dapat diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke daun dan juga ke bagian-bagian lain tanaman. Pupuk Kompos Cair akan sangat efektif (diserap oleh tanaman) karena  permukaan daun (bagian bawah) dapat menyerap nutrisi dengan cepat dan efektif. Sehingga dengan menyemprotkan Pupuk Kompos Cair ke bagian daun tanaman, nutrisi akan lebih cepat diserap dan diproses oleh tanaman. Hal ini menyebabkan efek kesuburan yang ditimbulkan akan lebih cepat terlihat dan lebih efisien karena jumlah yang diberikan dalam kuantitas yang kecil saja (sedikit).

Dengan setengah liter Pupuk Kompos Cair (1 botol) yang berharga Rp. 20.000,-, akan diperoleh 100 liter cairan yang bisa disemprotkan ke daun tanaman sebagai pupuk. Cairan seharga Rp. 20.000  ini, dapat dipergunakan untuk menyemprot / menyuburkan tanaman dalam area yang lebih luas (walaupun dengan beberapa kali penyemprotan), dibanding dengan area tanam yang dapat dipupuk dengan pupuk Kompos biasa atau pupuk kimia yang dibeli seharga Rp. 20.000,-.

Pupuk Kompos Cair mengandung banyak sisa bahan organik yang telah terurai dan siap untuk dikonsumsi oleh tanaman. Kelebihan lainnya adalah Pupuk Kompos Cair merupakan hasil ekstrak dari pupuk kompos padat yang terurai dalam bentuk ion yg siap dikonsumsi oleh tanaman. Dengan mengaplikasikan pupuk melalui daun, proses pengolahan makanan oleh tanaman akan berlangsung lebih cepat dan memberikan beban yang lebih ringan kepada tanah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s